Banyak Mengulang, Banyak Berlatih, Makin Mahir

Pasukan khusus ke-5 Tentara Baret Hijau dikisahkan memulai program pelatihan kepemimpinan selama beberapa minggu di kantor eksekutif General Electric. Yang mereka lakukan sangat simpel, setiap pagi mereka datang ke kantor dan mendampingi para eksekutif sepanjang hari. Tidak ada tanggung jawab apapun yang mereka harus lakukan selain mengamati para eksekutif bekerja.

Setelah mereka kembali ke kesatuan, komandan mereka mengamati adanya suatu peningkatan signifikan pada kinerja, komunikasi, serta kepemimpinan. Dan di luar dugaan, Letnan Kolonel Dean Franks, komandan Batalion Grup ke-5 sangat senang dengan keberhasilan program itu dan berencana mengadakan kegiatan seperti itu lagi lebih banyak di masa mendatang.

Pengajar tenis dan penulis, Timothy Gallwey, pada acara TV 60 minutes mengumpulkan sekelompok paruh baya yang belum pernah bermain tenis. Kemudian, Gallwey melakukan tes singkat untuk menguji kemampuan mereka.

Ia memilih seorang wanita yang memperlihatkan potensi paling sedikit. Tanpa mengucapkan sepatah katapun Gallwey melakukan pukulan forehand, sementara wanita tadi hanya mengamati.

Gallwey mengarahkan perhatian wanita tersebut padanya. Dia tunjukkan kepada wanita itu bagaimana kuda-kuda kaki, menggenggam raket, dan mengayun raket saat akan memukul bola. Wanita itu memerhatikan dengan sungguh-sungguh, lalu mulai meniru gerakannya. Dalam waktu 20 menit secara mengejutkan wanita itu sudah mampu melakukan forehand yang lumayan.

Contoh lain yang melibatkan sensori pendengaran adalah metode Suzuki memelajari musik. Setiap hari di luar pelajaran mereka, murid-murid Suzuki mendengarkan beberapa lagu yang diawali dengan lagu Twinkle, Twinkle Little Star; kemudian meningkat ke irama yang lebih sulit. Latihan mendengarkan ini membentuk peta perasaan yang kuat dalam memori ingatan mereka yang dapat mengukur keberhasilan atau kegagalan dari setiap usaha yang dilakukan setelahnya.

Setiap Anda melakukan pengulangan, otak menambah lapisan myelin ke jaringan-jaringan tertentu. Myelin  merupakan lapisan yang fungsinya membalut jaringan otak, persis seperti selotip yang membungkus kabel listrik. Myelin menyebabkan sinyal bergerak lebih cepat serta mencegahnya tidak bocor. Semakin sering berlatih, semakin banyak myelin yang diperoleh, sinyal terkirim semakin cepat dan akurat. Dengan demikian kemahiran yang Anda dapatkan semakin banyak.

Peningkatan adalah soal menyerap dan menerapkan informasi baru dan sumber informasi terbaik. Selain itu tercipta koneksi yang kuat dari memerhatikan dan mendengarkan secara sungguh-sungguh hingga Anda mampu membayangkan rasanya mempraktikan kemahiran itu.

Untuk kemahiran bersifat fisik, proyeksikan diri Anda berada dalam tubuh orang yang mempraktikkan kemahiran tersebut.

Untuk kemahiran yang bersifat mental, simulasikan kemahiran itu dengan mencipta pola-pola keputusan yang dilakukan oleh para pakar di bidang itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s